- Back to Home »
- Skill »
- Kemampuan yang harus dimiliki seorang Manager
Posted by : Fun Day
Minggu, 19 Mei 2013
Mungkin
sebagian orang akan mengidentikan manager sebagai pemimpin, pengelola,
atau atasan dalam sebuah perusahaan. Untuk mengetahui kemampuan apa saja
yang harus dimiliki oleh seorang manager, kita akan mendefinisikan
terlebih dahulu apa pengertian manager. Manager adalah orang yang
melakukan serangkaian aktivitas yang digunakan untuk mengelola sumber
daya (resource) untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi ada tiga kata kunci yang harus diingat ketika berbicara tentang manager yaitu aktivitas, mengelola sumber daya, dan tujuan.
Nah untuk
menjadi seorang manager, kita harus tahu kemampuan apa saja yang harus
dipunyai oleh seorang manager. Ada banyak sekali peran yang harus
dijalankan oleh seorang manager, namun semua hal itu akan saya
sederhanakan dalam 4 tugas pokok, check this out.
Pertama, Planning and decision making
Seorang
manager harus mempunyai kemampuan merencanakan dan mengambil keputusan.
Bisa dikatakan juga bahwa manager akan menjadi otak bagi perusahaan.
Dia akan membawa kearah mana perusahaan itu akan berjalan. Dalam
menjalankan tugasnya nanti, seringkali manager akan menemui banyak
permasalahan. So, kemampuan untuk merencanakan dan mengambil keputusan
menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi berkembangnya perusahaan. Untuk
mempunyai kemampuan semacam ini memang dibutuhkan latihan dan pembiasaan
diri dan salah satu caranya adalah dengan banyak berorganisasi dan
bersosialisasi.
Kedua, Organizing
Organizing
sangat erat kaitannya dengan mengelola. Seorang manager akan memandang
perusahaan sebagai sebuah sistem besar dengan banyak sekali komponen
didalamnya. Komponen itu terdiri dari banyak hal yang meliputi human resources, financial resources, physical resources dan information resources.
Tentu dibutuhkan suatu kemampuan untuk mengelola berbagai komponen tadi
supaya tujuan utama perusahaan bisa tercapai. Nah, pada dasar kita
tidak akan bisa menyatukan berbagai komponen tadi. Karena apa? Karena
setiap komponen akan mempunyai karakter yang berbeda. Seorang manager
yang baik akan mengelola sebuah perusahaan sebagai sebuah sistem atau
dalam istilah kerennya system thinking.
Ketiga, Controling
Kemampuan yang satu ini juga tidak kalah penting. Controling adalah kemampuan dimana seorang manager harus bisa melakukan pengendalian dan monitoring
terhadap kebijakan yang sedang berjalan. Sangat disayangkan apabila
kebijakan yang telah ditetapkan, tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Oleh karenanya, seorang manager sesekali harus melakukan controling
atas kebijakan yang sudah dibuatnya. Melalui hal ini, maka seorang
manager akan mempunyai beragam informasi yang suatu saat bisa dijadikan
sebagai langkah perbaikan berkelanjutan (continous improvement)
Keempat, Leading
Kepemimpinan
adalah hal pokok yang harus dimiliki oleh seorang manager. Memimpin
berarti kita akan menjadi contoh bagi bawahan kita. Contoh disini
menyakut banyak hal, sikap kita, pemikiran kita dan tindakan kita secara
langsung akan dilihat oleh orang lain. Jadi kepemimpinan bukan sekedar image, tapi yang jauh lebih penting adalah tindakan dan perilaku kita yang mencerminkan sebagai pemimpin.
Untuk
menutup pembahasan kita kali ini, saya teringat dengan ungkapan Bill
Gates. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Seorang
pengusaha genius yang paling visioner di abad ke-21. Berikut adalah
kutipannya.
“I
failed in some subject in exam but my friend passed in all. Now he is an
engineer in Microsoft and I am the owner of Microsoft.”
Posting Komentar